Beranda » Artikel Blog » Alasan Semen Perekat Penting Mencegah Keramik Pecah

Alasan Semen Perekat Penting Mencegah Keramik Pecah

Diposting pada 30 Juli 2021 oleh adminoke | Dilihat: 1.517 kali | Kategori:

Semen perekat (tile adhesive) merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah bangunan.

Semen perekat biasanya tersedia dalam beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Lalu, apa sajakah alasan dari pentingnya penggunaan semen perekat tersebut? Simak penjelasan berikut ini. Alasan dari pentingnya penggunaan semen perekat adalah untuk menghindari terjadinya keramik yang pecah atau terangkat (popping). Masalah tersebut merupakan masalah umum yang terjadi. Kerusakan pada keramik ini menjadi hal buruk bagi pemilik bangunan.

Hal ini dikarenakan, kondisi keramik yang pecah dapat mengurangi estetika dari suatu bangunan, bahkan akan memberikan dampak buruk apabila pecahan keramik tersebut terinjak oleh kaki. Penggunaan semen perekat berperan penting dalam mencegah terjadinya kerusakan pada keramik. Hal ini diakibatkan oleh beberapa hal seperti, terjadinya perendaman keramik dalam waktu yang cukup lama ketika terjadi banjir, terjadinya guncangan pada saat gempa, atau kesalahan pada teknik pemasangan keramik. Oleh karena itu, diperlukan bahan yang mampu merekatkan keramik dengan kuat. Terjadinya kesalahan pada teknik pemasangan keramik juga dapat diperbaiki dan dipermudah dengan penggunaan jenis semen yang berperan sebagai perekat tersebut.

Solusi untuk Mencegah Keramik Pecah

Dari alasan pentingnya penggunaan semen perekat dalam mencegah terjadinya keramik pecah, maka dapat disimpulkan bahwa solusi untuk mencegah terjadinya masalah itu adalah dengan penggunaan semen yang berfungsi sebagai perekat pada pemasangan keramik. Anda dapat mempercayakan pada semen perekat dari AM yang memiliki banyak keunggulan, antara lain:

  1. Tahan di area basah, lembab maupun terendam
  2. Tahan air
  3. Memiliki daya rekat tinggi
  4. Tidak mudah mengalami keretakan
  5. Pengaplikasiannya mudah
  6. Kecepatan kering yang telah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan
  7. Hemat waktu pengerjaan
  8. Tidak perlu membongkar keramik lama.

Pengaplikasian semen perekat AM apabila disertai dengan penggunaan trowel (sekop keramik) AM 601, efektif mencegah adanya rongga udara pada pemasangan ubin dan meratakan aplikasi, sehingga pemakaian bahan lebih hemat atau terkontrol.

Rekomendasi Produk Semen Perekat AM

Nah untuk lebih jelasnya Anda dapat menemukan rekomendasi produk semen perekat AM. Berikut uraian singkat mengenai semen AM 30, AM 37, AM 40, AM 42, dan AM 45 yang menjadi rekomendasi.

1. AM 30 Perekat Ubin Extra Kuat

Perekat ubin ekstra kuat yang berfungsi untuk mencegah keramik kopong, dapat diaplikasikan untuk ubin berukuran besar, adukan yang tidak cepat kering, serta dapat diaplikasikan pada area kering, basah dan terendam. Perekat ini paling cocok diaplikasikan untuk area heavy load traffic area, seperti gudang, garasi, parkiran, bak penampungan air berukuran kecil ataupun besar maupun kolam renang.

2. AM 37 Perekat Ubin Extra Fleksibel

Perekat ubin ekstra fleksibel yang memiliki kriteria yaitu muai susut tinggi, dapat diaplikasikan pada area dengan getaran tinggi seperti tangga besi, lantai dan dinding lift, lantai dan dinding stasiun kereta, dll. Dengan kelebihan adukan yang tidak cepat mengering dan cocok untuk penggunaan pada area basah maupun kering.

3. AM 40 Perekat Ubin di atas Ubin

Perekat ubin di atas ubin yang memiliki kriteria dapat menghemat waktu pengerjaan karena tidak perlu membongkar ubin lama. Cocok untuk renovasi yang cepat. Penggunaan bisa untuk area lantai maupun dinding seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, garasi maupun teras.

4. AM 42 Perekat Granite Tile (HT)

Perekat granite tile dengan keunggulan memiliki daya rekat tinggi, menghemat waktu pengerjaan, serta bisa digunakan pada lantai dan dinding.

5. AM 45 Perekat Ubin Eco

Perekat ubin ekonomis dan diciptakan dengan formula khusus, yang dapat mencegah keramik kopong. Sehingga lantai ubin anda menjadi lebih kuat dan padat.

Demikianlah penjelasan dari alasan pentingnya penggunaan semen perekat saat memasang ubin berbahan keramik, granite maupun marmer pada rumah Anda. Penggunaan bahan tersebut dapat memaksimalkan pemasangan keramik baik itu yang diaplikasikan pada lantai ataupun dinding. Selain itu, terjadinya keramik pecah juga dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga dapat memberikan kualitas terbaik dan menjaga daya estetika bangunan.

Bagikan

Alasan Semen Perekat Penting Mencegah Keramik Pecah | Harga Pas Hati Senang

Diposting oleh

IT Infrastrusture and Business Support

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Tentang Kami :

Maniora Bangunan adalah ritel modern untuk bahan bangunan dan perlengkapan rumah dengan jumlah toko terbanyak dan terluas di Indonesia. Selengkapnya

Kontak Kami :

Telp : (0451) 4015545
Whatsapp : 0823-1033-3371
Alamat : Jl. Bali No. 321 Lolu Selatan, Palu

Chat via Whatsapp
CS-HMR-Depo
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya CS-HMR-Depo
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja